Kisah 5 Pemain Yang Pernah Menolak Menggunakan Sponsor Timnya

image

Berikut adalah kisah 5 pemain yang pernah menolak menggunakan seragam maupun perlengkapan olahraga yang mencantumkan logo sponsor timnya:

1. Frederic Kanoute

Pesepakbola asal Mali ini pernah menolak jersey klubnya, Sevilla, karena mencantumkan logo website 888 poker yang merupakan permainan poker secara online dan mengandung unsur judi.

Kanoute merasa bila memakai logo tersebut akan bertentangan dengan apa yang dia anut sebagai seorang muslim. Kemudian, Sevilla memberikan pengecualian padanya dengan membuat jersey khusus tanpa logo sponsor untuk Kanoute.

Salut buat Sevilla yang mampu menghargai keyakinan pemainnya!

2. Papiss Cisse

Penyerang klub Newcastle, Cisse mengawali musim 2013/2014 dengan penolakan atas keberadaan logo sponsor klub di jersey, perusahaan pembiayaan keuangan, Wonga. Alasannya sama dengan yang dipakai Kanoute yaitu sponsor klub bertentangan dengan keyakinan Islam yang dianutnya.

Akibatnya, Cisse terlambat mengikuti jadwal latihan pra-musim bersama klubnya.

Namun yang kemudian terjadi adalah beredarnya foto Cisse di sebuah kasino yang jelas-jelas dilarang dalam Islam. Akhirnya Cisse bersedia bergabung bersama rekan-rekannya di latihan pra-musim sekaligus membayar denda atas keterlambatannya itu.

3. Johan Cruyff

Ini bisa jadi adalah kasus paling dikenang diantara sekian banyak kasus penolakan pemain atas sponsor tim.

Di tahun 1974, saat banyak anak-anak di seluruh dunia memohon orang tuanya membelikan perlengkapan asli Adidas, Cruyff malah melakukan sebaliknya dengan menghilangkan 1 garis dari 3 garis terkenal Adidas.

Hal ini dilakukannya demi menjalakan kontrak pribadinya dengan Puma. Sementara Adidas adalah sponsor tim nasional Belanda, negara yang dibela Cruyff, sekaligus merk yang menyediakan semua perlengkapan yang diperlukan termasuk jersey.

Tak ada yang bisa dilakukan oleh federasi sepakbola Belanda kecuali membiarkan sang legenda bermain dengan 2 garis di jersey tim nasionalnya.

4. Mario Gotze

Kali adalah kasus yang terjadi diluar lapangan. Mario Gotze pernah lakukan ‘kesengajaan’ memakai perlengkapan yang disponsori rival utama sponsor klubnya, Bayern Munchen.

Bukannya memakai perlengkapan dengan logo Adidas, Gotze malahan memakai perlengkapan dengan logo Nike. Dan ini dilakukannya 2 kali dalam kesempatan berbeda.

Yang pertama, dia muncul memakai kaos dengan logo Nike saat jumpa pers. Yang kedua dia memakai kaos kaki Nike saat berlatih bersama tim nasional Jerman.

Adidas adalah sponsor utama Bayern Munchen dan tim nasional Jerman. Sementara Gotze adalah brand ambassador Nike.

Mirip dengan apa yang dilakukan Cruyff sih ini.

5. Miguel Montez

Kasus terakhir ini bisa jadi yang paling unik dan tragis. Montez adalah kiper tim nasional El Salvador dan pernah menolak memakai sarung tangan dan jersey kiper yang disiapkan sponsor, Mitre.

Alih-alih, dia malah memilih memakai perlengkapan yang dibelinya sendiri. Atas ulahnya ini, federasi sepakbola El Salvador menghukumnya dengan denda uang dan hukuman 12 bulan tak boleh bermain di level tim nasional.

Usai jalani hukumannya, Montez kembali menjadi kiper tim nasional. Namun tak lama kemudian dia kembali dijatuhi hukuman atas pelanggaran berbeda.

Montez kali ini didakwa atas keterlibatannya dalam pengaturan skor pertandingan. Dan oleh federasi sepakbola El Salvador dia dikenai hukuman seumur hidup tak boleh bermain sepakbola.

-

Dari 5 kisah diatas mana yang paling menarik buat kalian?

Related Posts
Opini Fans Everton Terhadap David Moyes
Adam McKola, seorang pendukung Manchester United, menyambangi Goodison Park jelang laga klubnya melawan tuan rumah akhir pekan lalu. Tujuannya adalah mencoba mencari tahu apa pendapat para fans Everton terhadap mantan ...
READ MORE
Akun Twitter Chevrolet Minta Maaf Soal Twit Ucapan Selamat Datang Buat Mata
Entah dikarenakan faktor terlalu semangat atau ketidaktahuan, akun twitter @ChevroletFC, sponsor resmi Manchester United, sempat 'ngetwit' ucapan selamat datang buat Juan Mata ke Old Trafford. Seperti diketahui bahwa belum ada kepastian secara ...
READ MORE
Foto William Gallas Dengan Jersey Perth Glory
Hai para pemburu jersey, sepertinya ada bahan buruan baru nih buat kalian.Seperti yang kita semua sudah tahu bahwa mantan bek Chelsea dan Arsenal, William Gallas, memutuskan bergabung dengan Perth Glory, ...
READ MORE
Inikah Bola Resmi Piala Dunia 2014?
Gambar yang diduga adalah bola resmi Piala Dunia 2014 sedang ramai beredar di internet saat ini.Bola keluaran Adidas ini dinamakan ‘Brazuca’ dan terlihat sangat ceria dengan warna-warninya.Bagaimana menurut kalian?
READ MORE
Portugal vs Korea Utara, Piala Dunia 1966
Di Piala Dunia 1966, Eusebio sukses meraih gelar pencetak gol terbanyak dan berhak menerima trofi Sepatu Emas dengan torehan total 9 gol sepanjang turnamen.
READ MORE
Seedorf Resmi Gantikan Allegri
Seedorf, 37 tahun, secara resmi mengumumkan bahwa dia bakal menggantikan Allegri di AC Milan dalam sebuah jumpa pers di Brazil. Seperti yang dilaporkan oleh Sky Sport, Seedorf juga menyampaikan bahwa dia ...
READ MORE
Foto Latihan Perdana Nemanja Matic Dengan Skuad Chelsea
Akun twitter resmi Chelsea, @chelseafc, kemarin merilis foto resmi latihan Nemanja Matic. Nemanja Matic in training today...#CFC pic.twitter.com/YSgGWshpYS— Chelsea FC (@chelseafc) January 16, 2014 Mantan pemain Benfica FC ini dibeli Chelsea dengan ...
READ MORE
DC United Tolak Opsi Merekrut Syamsir Alam
Klub DC United secara resmi memberitahukan bahwa menolak opsi merekrut Syamsir Alam.Hal ini dapat dilihat di akun resmi twitter DC United:General Manager DC United mengucapkan terima kasih atas kontribusi Syamsir ...
READ MORE
Parade Gol Ciamik Juventus, Pirlo dan Pogba
Tak ada kata yang bisa menggambarkan dua gol yang dicetak Andrea Pirlo dan Paul Pogba ke gawang Napoli, Senin 11 November 2013 dinihari kecuali FANTASTICO! Enough said. Just enjoy the views!
READ MORE
Timnas Perancis Tak Disukai Warga Perancis
Sebuah lembaga survey di Perancis, BVA polling institute, mengeluarkan hasil surveynya tentang tim nasional sepakbola Perancis.Hasilnya cukup mengejutkan. Sejak menjuarai Piala Dunia 2006, tren popularitas timnas Perancis mengalami penurunan. Dan ...
READ MORE
Opini Fans Everton Terhadap David Moyes
Akun Twitter Chevrolet Minta Maaf Soal Twit Ucapan
Foto William Gallas Dengan Jersey Perth Glory
Inikah Bola Resmi Piala Dunia 2014?
Portugal vs Korea Utara, Piala Dunia 1966
Seedorf Resmi Gantikan Allegri
Foto Latihan Perdana Nemanja Matic Dengan Skuad Chelsea
DC United Tolak Opsi Merekrut Syamsir Alam
Parade Gol Ciamik Juventus, Pirlo dan Pogba
Timnas Perancis Tak Disukai Warga Perancis