Kisah 5 Pemain Yang Pernah Menolak Menggunakan Sponsor Timnya

image

Berikut adalah kisah 5 pemain yang pernah menolak menggunakan seragam maupun perlengkapan olahraga yang mencantumkan logo sponsor timnya:

1. Frederic Kanoute

Pesepakbola asal Mali ini pernah menolak jersey klubnya, Sevilla, karena mencantumkan logo website 888 poker yang merupakan permainan poker secara online dan mengandung unsur judi.

Kanoute merasa bila memakai logo tersebut akan bertentangan dengan apa yang dia anut sebagai seorang muslim. Kemudian, Sevilla memberikan pengecualian padanya dengan membuat jersey khusus tanpa logo sponsor untuk Kanoute.

Salut buat Sevilla yang mampu menghargai keyakinan pemainnya!

2. Papiss Cisse

Penyerang klub Newcastle, Cisse mengawali musim 2013/2014 dengan penolakan atas keberadaan logo sponsor klub di jersey, perusahaan pembiayaan keuangan, Wonga. Alasannya sama dengan yang dipakai Kanoute yaitu sponsor klub bertentangan dengan keyakinan Islam yang dianutnya.

Akibatnya, Cisse terlambat mengikuti jadwal latihan pra-musim bersama klubnya.

Namun yang kemudian terjadi adalah beredarnya foto Cisse di sebuah kasino yang jelas-jelas dilarang dalam Islam. Akhirnya Cisse bersedia bergabung bersama rekan-rekannya di latihan pra-musim sekaligus membayar denda atas keterlambatannya itu.

3. Johan Cruyff

Ini bisa jadi adalah kasus paling dikenang diantara sekian banyak kasus penolakan pemain atas sponsor tim.

Di tahun 1974, saat banyak anak-anak di seluruh dunia memohon orang tuanya membelikan perlengkapan asli Adidas, Cruyff malah melakukan sebaliknya dengan menghilangkan 1 garis dari 3 garis terkenal Adidas.

Hal ini dilakukannya demi menjalakan kontrak pribadinya dengan Puma. Sementara Adidas adalah sponsor tim nasional Belanda, negara yang dibela Cruyff, sekaligus merk yang menyediakan semua perlengkapan yang diperlukan termasuk jersey.

Tak ada yang bisa dilakukan oleh federasi sepakbola Belanda kecuali membiarkan sang legenda bermain dengan 2 garis di jersey tim nasionalnya.

4. Mario Gotze

Kali adalah kasus yang terjadi diluar lapangan. Mario Gotze pernah lakukan ‘kesengajaan’ memakai perlengkapan yang disponsori rival utama sponsor klubnya, Bayern Munchen.

Bukannya memakai perlengkapan dengan logo Adidas, Gotze malahan memakai perlengkapan dengan logo Nike. Dan ini dilakukannya 2 kali dalam kesempatan berbeda.

Yang pertama, dia muncul memakai kaos dengan logo Nike saat jumpa pers. Yang kedua dia memakai kaos kaki Nike saat berlatih bersama tim nasional Jerman.

Adidas adalah sponsor utama Bayern Munchen dan tim nasional Jerman. Sementara Gotze adalah brand ambassador Nike.

Mirip dengan apa yang dilakukan Cruyff sih ini.

5. Miguel Montez

Kasus terakhir ini bisa jadi yang paling unik dan tragis. Montez adalah kiper tim nasional El Salvador dan pernah menolak memakai sarung tangan dan jersey kiper yang disiapkan sponsor, Mitre.

Alih-alih, dia malah memilih memakai perlengkapan yang dibelinya sendiri. Atas ulahnya ini, federasi sepakbola El Salvador menghukumnya dengan denda uang dan hukuman 12 bulan tak boleh bermain di level tim nasional.

Usai jalani hukumannya, Montez kembali menjadi kiper tim nasional. Namun tak lama kemudian dia kembali dijatuhi hukuman atas pelanggaran berbeda.

Montez kali ini didakwa atas keterlibatannya dalam pengaturan skor pertandingan. Dan oleh federasi sepakbola El Salvador dia dikenai hukuman seumur hidup tak boleh bermain sepakbola.

-

Dari 5 kisah diatas mana yang paling menarik buat kalian?

Related Posts
Bachdim Bermain Sebagai Wing Back di Kofu?
Apa kabar Irfan Bachdim di klub barunya, Ventforet Kofu? Kabarnya Bachdim sudah jalani laga bersama Kofu dan dimaninkan sebagai bek sayap. @IrfanBachdim10 played quite well for 30 mins as wing back ...
READ MORE
Ashley Young Show
Saat melawan Real Sociedad di laga Champions League pada Rabu 6 November 2013 dinihari, Ashley Young mempertunjukkan kebolehannya di kotak penalti. Young berhasil memberikan tendangan penalti buat Manchester United lewat ...
READ MORE
‘Spurs Will Always Let You Down!’
<iframe width="640" height="360" src="//www.youtube.com/embed/sLhWlODDsRU?rel=0" frameborder="0" allowfullscreen></iframe> 'Spurs will always let you down!' kata Roy Keane di detik 12. Good old Roy!
READ MORE
Emmanuele Frimpong Serang Aktivis BNP
Fans Arsenal masih ingat Emanuele Frimpong? Pemain yang kini membela Barnsley beberapa waktu lalu baru saja terlibat adu mulut dengan aktivis British National Party. Rupanya Frimpong gerah dengan keberadaan mereka ...
READ MORE
Foto-Foto Rooney ‘Liburan’
Wayne Rooney tengah diminta klubnya untuk pergi 'liburan' dalam rangka penyembuhan cidera pangkal pahanya. Dan dia diminta untuk pergi ke daerah hangat. Dan daerah tersebut adalah Mesir. Ini terjawab melalui ...
READ MORE
Skuad Jerman Naik Kereta Bawah Tanah, London Underground
Jelang laga ujicoba malam ini, skuad Jerman terlihat santai dengan berjalan-jalan di kota London dengan cara naik kereta bawah tanah, London Underground. Berikut adalah beberapa foto yang diambil para penumpang: Di akhir ...
READ MORE
Ozil, Amunisi Baru The Gunners
Senin (2/9) waktu London, deadline transfer menimbulkan banyak kejutan. Terjadi aktivitas transfer para pemain top yang pindah ke klub baru. Ozil yang sebelumnya tidak diperhitungkan ternyata telah resmi hijrah ke ...
READ MORE
Chelsea dan Mohamed Salah Capai Kata Sepakat
Akun twitter resmi klub Chelsea, @chelseafc, Kamis kemarin mengumumkan secara resmi bahwa sudah tercapai kesepakatan dengan Mohamed Salah, 21 tahun, sayap kidal asal klub Basel FC. Agreement reached with FC Basel ...
READ MORE
Manchester City Incar Bocah 9 tahun!
Klub papan atas asal kota Manchester (kali ini sedang membahas yang baru saja raih trofi juara EPL) rupanya sudah mulai sibuk menyiapkan daftar pemain buruannya di bursa transfer musim panas ...
READ MORE
Akun Twitter Chevrolet Minta Maaf Soal Twit Ucapan Selamat Datang Buat Mata
Entah dikarenakan faktor terlalu semangat atau ketidaktahuan, akun twitter @ChevroletFC, sponsor resmi Manchester United, sempat 'ngetwit' ucapan selamat datang buat Juan Mata ke Old Trafford. Seperti diketahui bahwa belum ada kepastian secara ...
READ MORE
Bachdim Bermain Sebagai Wing Back di Kofu?
Ashley Young Show
‘Spurs Will Always Let You Down!’
Emmanuele Frimpong Serang Aktivis BNP
Foto-Foto Rooney ‘Liburan’
Skuad Jerman Naik Kereta Bawah Tanah, London Underground
Ozil, Amunisi Baru The Gunners
Chelsea dan Mohamed Salah Capai Kata Sepakat
Manchester City Incar Bocah 9 tahun!
Akun Twitter Chevrolet Minta Maaf Soal Twit Ucapan